Sabtu, 12 Oktober 2013

Ngurus Visa Jepang Yuk!

Bulan Juni lalu AirAsia X buka promo lagi ke beberapa destinasi negara yang cukup menarik. Akhirnya tergoda juga untuk bowsing tiket promo, kata orang Jawa "ndilalah" alias "pas banget" nemu tiket ke Jepang di tanggal yang bagus dan murah di bulan Oktober 2013.. Ndilalah juga saya dan hubby memang belum pernah ke Jepang dan pengeen banget ke salah satu negara penjajah Indonesia yang katanya mehong banget ini, So,.. What we're waiting for? Just click and buy! Yaayyy...! :D

Beli tiket udah, perpanjang paspor juga udah. Nah,.. sekarang waktunya untuk ngurus Visa Jepang! Dari sejak beli tiket udah ancer-ancer kapan waktunya mesti ngurus visa. Hasil googling: best time ngurus visa Jepang adalah1-2 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Karena masa berlaku visa single visit hanya diberikan selama 3 bulan dengan lama waktu tinggal di Jepang maksimal 15 hari. Rencana ngurus visa dari awal sudah diperkirakan at least 2 bulan sebelumnya. Yaah,.. tapi apa daya kerjaan di kantor lagi numpuk, perpanjang paspor aja baru 1,5 bulan sebelum berangkat, otomatis jadwal ngurus visa jadi mundur.

Kemarin sempat kepikiran untuk ngurus Visa Jepang via travel agent. Tapii,.. setelah browsing dan banyak nemu artikel yang bilang kalo ngurus Visa Jepang itu gampang banget, akhirnya kami memutuskan untuk mengurus visa sendiri, tanpa bantuan travel agent. 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk apply visa adalah cari tau apa saja dokumen yang diperlukan. Syarat-syarat mengurus berbagai kategori Visa Jepang selengkapnya bisa dilihat di website Japan Embassy. Karena kami ke Jepang dengan tujuan liburan, maka kategori yang dipilih adalah Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri. Dokumen yang diperlukan antara lain adalah:

  1. Paspor (asli)
  2. Formulir permohonan visa (download disini) dan Pas foto terbaru (max. 6 bulan sebelumnya) ukuran 4,5 x 4,5 cm dan latar belakang putih.
  3. Copy KTP
  4. Copy surat sponsor dari kantor (yang menyatakan bahwa kita cuman jalan-jalan ke Jepang dan akan langsung pulang ke Indonesia serta ngga akan cari kerjaan di negara mereka)
  5. Bukti pemesanan tiket (dan hotel) 
  6. Jadwal perjalanan/itinerary. Jangan bikin sembarang template yah, download template-nya disini. Udah ditentuin sama pihak kedutaan soalnya.
  7. Copy Kartu Keluarga dan akta nikah (untuk pemohon lebih dari 1 orang)
  8. Copy rekening koran 3 bulan terakhir. Tidak ada ketentuan harus saldo berapa, tapi ya harus make sense sama itinerary-nya. Kalo mau jalan-jalan ke banyak tempat, gak mungkin kan cuman dikit saldonya. Itung aja sehari untuk hotel, makan dan transport sekitar 1 juta. Jadi kalo di sana 9 hari, yah tinggal dikaliin ajah, 9 juta. Itu bisa dijadiin patokan saldo yang mengendap selama 3 bulan terakhir.
Semua dokumen harus disusun sesuai urutan sebelum diserahkan ke loket pengajuan visa yaa...

Setelah dapet ijin dari bos untuk dateng siang ke kantor, tanggal 27 September 2013 kemarin, kami akhirnya datang ke kantor Kedutaan Besar Jepang di Jl. M.H. Thamrin 24, Jakarta Pusat. Letaknya di antara Hotel Grand Hyatt dan Plasa EX. Sebenernya hampir tiyap hari lewat sini, tapi baru tau ada kantor kedutaan disamping EX ya pas ngurus visa ini, hehe...
Peta Kedutaan Jepang di Jakara
Setelah parkir di EX, kamipun jalan kaki ke kantor kedutaan Jepang. Lumayan juga sih jalannya, apalagi harus pake sepatu tinggi segala. (oiya kalo ksini, harus pakai sepatu jangan pake sendal jepit yah). Eniwei, jam kerja bagian visa disini dibagi 2 waktu, jam 8.30 - 12.00 WIB untuk apply visa, dan jam 13.30 - 15.00 WIB untuk mengambil paspor yang berisi visa. 

Kami sampai di sana jam 8 pagi, tapi udah ada aja yang dateng, skitar 10 orang-an lah, kebanyakan dari orang travel agent. Loket antrian di pos satpam dibuka jam 8.15, mayan laahh,.. nunggu 15 menit, sambil berjemur matahari pagi (padahal udah keringetan). Jam 8.10 orang-orang yang udah ada di situ langsung rebutan antre di depan pintu masuk yang masih tertutup rapat (langsung ikutan ngantre :D). Di loket ini kami harus menukarkan ID card dulu untuk bisa masuk kedalam gedung. Setelah itu, masuk ke dalam ruangan tempat mengurus visa.

Masuk ke dalam ruangan, langsung ambil nomor antrian dari mesin yang tersedia. Ada 5 loket tersedia, loket 1 untuk travel agent, loket 2 & 3 untuk WNI umum dan loket 4 & 5 untuk WN Jepang. Semua loket ini baru dibuka jam 8.30, jadi nunggu lagi deh 15 menit, tapi kali ini alhamdulillah ngga kepanasan kayak di luar tadi :D. Jam 8.30 tengg semua tirai loket dibuka. Satu persatu nomor antrian dipanggil. Sambil menunggu, saya perhatikan masing-masing pemohon rata-rata ngga lama ngurusnya. Gak sampe 5 menit deh kayaknya. Apalagi di loket 1, mereka cuman kasih dokumen, trus pergi.

And finally, giliran nomor kami yang dipanggil (no. 6). Proses di loket ini sangat amat singkat. Setelah menyerahkan semua dokumen yang diperlukan. Petugas memberikan selembar kertas kecil berwarna kuning yang digunakan untuk mengambil paspor yang berisi Visa Jepang 4 hari kemudian. Tinggal menulis nama lengkap sesuai paspor dan nomor telpon yang bisa dihubungi. Setelah itu, slesai. Back to office!

4 hari kemudian kami pun kembali lagi ke Japan Embassy. Waktu pengambilan visa dimulai pukul 13.30 s/d 15.00 WIB. Datang kesana, ambil antrian, nomor antrian dipanggil, ke loket, tujukkin tanda terima kecil warna kuning yang dikasih kemarin, bayar (RP350.000/orang), trus,... dikasih deh paspor kita yang udah ada Visa Jepangnya. Tadaaa.... ini dia visa sayaa....


Visa Jepang saya
Untung ngga pake travel agent, rugi bangeet..! :D

5 comments:

Liza mengatakan...

klu gak ada sponsor gmn ya mohon bantuan nya.

IRWANDAR mengatakan...

Share info sangat bermanfaat....terima kasih....

Unknown mengatakan...

terima kasih atas info nya, sangat berguna bagi yang belum pernhak ke kedutaan jepang eheheh .

Unknown mengatakan...

Makasi, soalnya saya juga mau kesana tapi untuk kerja dan baru pertama kali kesana jadi bingung mau bikin paspor sama visa, jadi makasi setelah melihat arahannya... :)

Unknown mengatakan...


Bagi yang mampu berpikiran jernih setelah jadi BMI pasti sukses, pada dasarnya di perantauan cari modal dulu dan bekerja yg baik sampai kontrak finis, oh iya tidak lupa sy ucapkan terima kasih banyak kpd teman sy yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses sy baca. sy bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Hongkong hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikan galak. salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Sy sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti sy . aminn




Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons