Rabu, 02 Oktober 2013

Perpanjang Paspor Yuk!!!

Sebenernya masa berlaku paspor saya masih berlaku sampai Februari 2014, tapi karena ada rencana liburan ke Jepang bulan Oktober 2013 dan syarat keluar negeri paspor harus berlaku minimal 6 bulan sebelum masa berlaku habis, so.. saya harus perpanjang paspor deh.

Proses perpanjang paspor sekarang ini ternyata gampang sekali, bahkan bisa 1 hari jadi lho! (khusus di kantor Imigrasi Jakarta Pusat & Jakarta Barat) Tapi dengan catatan semua syarat-syarat dilengkapi yaah.. Selain itu, proses pengisian formulir pengajuan paspor bisa dilakukan secara online via website imigrasi.

Actually, saya sudah coba isi formulir via online dan mendaftar di kantor imigrasi Jakarta Utara. Tapi karena dapat jadwal kedatangan yang lumayan jauh dari tanggal pengajuan, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk datang langsung ke kantor Imigrasi Jakarta Pusat. Tempatnya di Jl. Merpati Blok B12 No. 3, Gunung Sahari (belakang ex. kantor Garuda Indonesia). Tapiii ternyataa,... setelah tanya-tanya sama petugas imigrasi pas interview, daftar online di Jakarta Pusat ini lebih gampang, gak perlu ngatur jadwal kedatangan, cuman ngisi formulir, print, dateng deh.. dan websitenya pun ternyata beda (dalem ati gondok karena gak tau). Kalau Anda mau apply perpanjang paspor di Jakarta Pusat, silahkan isi formulirnya di website ini.

Peta Kantor Imigrasi Jakarta Pusat
Selain mengisi formulir di kantor Imigrasi atau online, dokumen yang diperlukan untuk perpanjang paspor antara lain adalah :
  1. Paspor lama (copy halaman pertamanya saja, yang ada keterangan ID kita)
  2. KTP (copy ukuran A4, jangan dipotong)
  3. Kartu Keluarga
  4. Akte lahir/akte nikah/ijazah
Semua dokumen tersebut di atas di-copy dan harus dibawa aslinya.

Kalau ngga mau dapet nomor antrian yang jauh, datanglah pagi-pagi (kemarin saya dan suami sampai jam 7.30 pagi, dan dapat nomor antrian 182 (towweengg..)). Dan yang bikin iri adalah,... ada ibu-ibu yang baru dateng setelah saya, tapi daftar via online, bisa ngantri tanpa nomer antrian (langsung berdiri di depan loket). Jadii,.. yang daftar online punya privilege untuk dilayani terlebih dahulu, nomor antriannya 1 s/d 50, sedangkan yang daftar langsung, nomor antriannya 51 ke atas. *langsung kebayang dapet nomer 182, pasti dipanggilnya 2 jam kemudian* Eh,.. tapi ternyata ngga loh,.. cuman nunggu 45 menit aja, udah sampe giliran nomer kami dipanggil.. :)

Jadi, begini kurang lebih gambaran proses perpanjangan paspor di Imigrasi Jakarta Pusat:
  • Begitu sampe, ambil nomor antrian di Pos Satpam (Yess,.. Pos Satpam! *jangan tanya kenapa mesti ngambilnya disini*) Kasih liyat paspor yang mau diperpanjang, nanti akan dicatat oleh pak Satpam-nya.
  • Ambil map dan formulir di koperasi imigrasi, tempatnya agak ke belakang gedung. Siapkan 1 copy KTP untuk ditukar dengan map dan formulir aplikasi. Gratis!
  • Cek kelengkapan dokumen yang dibawa ke meja kecil di sebelah kanan pintu untuk di periksa oleh petugas. Jika dokumen asli dan copy sudah lengkap dan sesuai, map akan di paraf dan di tulis "lulus" oleh petugas. (kayak ujian yah)
  • Tunggu giliran nomor antrian dipanggil. Sambil menunggu, isi formulir dengan tinta hitam. (Yuph,.. bawa pulpen warna hitam ah.. jangan warna lain).
Formulir & Nomor Antrian
  • Menunjukkan dokumen (copy dan asli) ke loket verifikasi data. Jika dokumen copy dan asli sudah sesuai, maka semua copy dokumen akan di-cap dan di-paraf oleh petugas.
  • Setelah verifikasi selesai, registrasi nama dan tanggal lahir di mesin register yang letaknya di sebelah kiri loket. Nanti akan keluar kertas nomor antrian pembayaran biaya perpanjangan paspor di kasir yang letaknya di lantai 2.
kondisi antrian pembuatan paspor di lantai 2
  • Langsung menuju kasir di lantai 2 untuk melakukan pembayaran biaya perpanjangan paspor sebesar Rp255.000 (tapi tunggu nomor antriannya dipanggil yah..) Rajin-rajin liyat monitor nomor antrian.
layar nomor antrian
  • Setelah membayar, tahap selanjutnya adalah interview dan verifikasi data (untuk yang ke-3 kalinya). Jangan lupa siapkan dokumen-dokumen aslinya.
  • Jika dokumen sudah oke, selanjutnya adalah foto! (tempatnya di meja sebelah kita interview tadi). Jangan lupa dandan,.. Mending latiyan dulu pake gaya muka rata, no expression tapi bisa cakep.. Biar hasil foto di paspornya bagus.. hehe.. :D
ruang interview & foto ada di sebelah kanan
  • Selesai foto, kita akan diberikan tanda terima untuk mengambil paspor. Jika paspor lama ingin diambil lagi, silahkan ke loket pengambilan paspor dan minta formulir pernyataan pengambilan paspor lama.
  • Habis itu, jadi deh paspornya. Sebenernya bisa langsung diambil jam 15.30 sih, tapi karena saya mesti balik kantor, jadi saya ambil keesokan harinya. Pengambilan paspor bisa diwakilkan siapa saja, asalkan tanda terima asli dan tanda tangan empunya paspor dibawa.
Total pengurusan perpanjangan paspor ini kurang lebih makan waktu sekitar 4 s/d 5 jam. Gampang khan.! Gak perlu pake calo, karena percuma, pake calo juga kita mesti dateng ksitu untuk foto. Mahal pulaak.. Mending uangnya buat tambahan ongkos jalan-jalan.. ya khan?! 

Semoga bermanfaat. :D

1 comments:

Unknown mengatakan...


Bagi yang mampu berpikiran jernih setelah jadi BMI pasti sukses, pada dasarnya di perantauan cari modal dulu dan bekerja yg baik sampai kontrak finis, oh iya tidak lupa sy ucapkan terima kasih banyak kpd teman sy yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses sy baca. sy bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Hongkong hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikan galak. salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Sy sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti sy . aminn




Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons